Analisis Kinerja Keperawatan dengan Menggunakan Balanced Scorecard (BSC)

Analisis Kinerja Keperawatan dengan Menggunakan Balanced Scorecard (BSC) pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar 

Manajemen Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar dalam kegiatan operasional sehari-harinya, khususnya pada

unit rawat inap, belum memperhatikan keseluruhan aspek atau faktor yang berpengaruh langsung terhadap peningkatan kinerja khususnya kinerja keperawatan pada unit rawat inap, sehingga mengakibatkan pencapaian kinerja yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keperawatan pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Unit analisis dari penelitian ini  yaitu Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar dengan subjeknya manajemen Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, tenaga perawat dan pasien atau keluarga yang berkunjung ke Instalasi Rawat Inap. Pengumpulan data penelitian dengan melakukan wawancara langgsung menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kompetensi penerapan asuhan keperawatan sudah dilaksanakan secara maksimal oleh sebahagian besar perawat (89%) sedangkan kompetensi berdasarkan pendidikan masih relatif rendah, kualitas pelayanan masih sangat rendah disebabkan aktivitas pelayanan yang dilaksanakan perawat belum sesuai dengan standar asuhan keperawatan, kepuasan pelanggan belum diwujudkan dengan maksimal dan tingkat pertumbuhan pendapatan dalam kurun waktu 1 tahun telah menunjukkan pencapaian yang maksimal.
Saran yang diajukan bagi Direktur RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar untuk memanfaatkan metode Balanced Scorecard dalam upaya penilaian kinerja dan penyusunan rencana strategik rumah sakit, Melaksanakan perumusan standar kinerja secara bersama-sama dengan tenaga perawat, Memberi peningkatan pendidikan dan pelatihan dan memberi reward kepada perawat dengan kinerja tinggi; Bagi Kepala Instalasi Rawat Inap RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar untuk aktif dalam monitoring keberhasilan pelaksanaan indikator kinerja oleh perawat, dan memberikan motivasi kerja pada bawahannya.


Keywords : Asuhan Keperawatan, Kinerja, BSC, Rumah Sakit, Perawat