ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DITINJAU DARI ASPEK TENAGA KEPERAWATAN DI
RUMAH SAKIT NENE’ MALLOMO KABUPATEN SIDRAP PROPINSI SULAWESI SELATAN
Pelayanan kesehatan berkualitas merupakan
syarat mutlak yang harus dipenuhi mengingat perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi akan mempengaruhi perkembangan pola
pikir dan permintaan masyarakat akan pelayanan yang lebih
berkualitas dan peran
tenaga kesehatan merupakan aspek yang memberi sumbangsi lebih terhadap perwujudan
kualitas tersebut. Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh beberapa dimensi yang
pada penelitian ini mencakup tangibles (jumlah petugas), reliability
(kehandalan petugas), responsivennes (ketanggapan petugas), assurances (jaminan
petugas) dan empathy petugas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian observasional dengan rancangan Cross
Sectional Study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat
inap RS Nene’ Mallomo Kabupaten Sidrap pada bulan Mei 2007. Analisis data menggunakan uji Chi Square Test
dengan memperhitungkan nilai probabilitas (p value) yang dibandingkan dengan
nilai alpha (α = 0,05).
Hasil penelitian bahwa terdapat hubungan
jumlah petugas, ketanggapan, kehandalan, jaminan dan empathy petugas dengan perwujudan
kualitas pelayanan di rumah sakit dimana semakin baik dimensi tersebut akan
menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan
pasien. Dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan secara efektif dan
efisien, pada instansi pelayanan kesehatan
harus memperhitungkan aspek jumlah ketenagaan yang disesuaikan dengan
jumlah pengunjung, keterampilan ditingkatkan baik melalui pendidikan lanjutan maupun pelatihan sehingga menunjang aspek kehandalan dan ketanggapan dalam memberikan
pelayanan, bagi tenaga perawat untuk dapat
menciptakan suasana kondusif dan memiliki kemampuan dalam membina hubungan komunikasi dengan
masyarakat.