Pelayanan Prima Puskesmas


Studi Tentang Pelaksanaan Pelayanan Prima Di Puskesmas Sampara Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe 

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang penyelenggaraannya harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitas. Pelayanan kesehatan yang bermutu tidak hanya tergantung pada pelayanan
klinis yang memenuhi standar profesi, tetapi juga pelayanan yang berfokus pada pelanggan. Pelayanan yang bersifat publik mewujudkan pelayanan prima yang berdasarkan atas tingkat kepuasan konsumen dalam hal ini pasien sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian tentang pelayanan prima di tingkat puskesmas harus dilaksanakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan (ability) Puskesmas Sampara dalam menyelenggarakan pelayanan pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan baik (60,8%) yang menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (97,8%), sikap (attitude) sudah memberi penilaian yang positif dari masyarakat (70,3%) sehingga menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (84,6%), penampilan sudah terlaksana dengan baik (70,3%) yang menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (80,8%), dan tindakan (action) yang diberikan sudah dilaksanakan dengan baik (71,6%) sehingga dapat menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (79,2%).



Kata Kunci : Puskesmas, Pelayanan Prima